Penjelasan Singkat Pijat Bayi dan Teknik-Tekniknya



Ingat awalnya menjadi ibu baru, setelah  di rawat 2 hari di Klinik Bersalin, pulang dengan membawa buntalan cinta. Alhamdulillah melahirkan normal. Hmm... senangnya mengingat saat itu... penantian bayi yang cukup lama setelah mengalami 2 x keguguran. Di temani ibunda tercinta dan paraji yang handal ibu Nur.

Besoknya mulailah pelajaran untuk memijat bayi, memandikan, memberikan popok, dll. Seneng juga sih... walaupun awalnya agak takut, tetapi akhirnya sangat membahagiakan... hmmm jadi kangen pengen punya lagi...

Nah inilah tehnik-tehnik memijat bayi :

1. Mencuci tangan dulu.
2. Hindari kuku dan perhiasan yang bisa menggores kulit bayi.
3. Ruang untuk memijat  suhu normal 
4. Bayi tidak berada dalam keadaan lapar.
5. Baringkan bayi di atas kain rata yang lembut.
6.Siapkan handuk, popok, baju ganti, dan minyak bayi (baby oil/lotion).
7. Sebelum memijat, mintalah izin kepada bayi tataplah mata sang bayi dan salurkan rasa kasih sayang dengan cara membelai wajah dan kepala bayi sambil mengajak bicara dan ucapkan Bismillah.

Gunakan baby oil / minyak zaitun. Pemijatan dimulai dari kaki bayi, umumnya bayi lebih menerima apabila dipijat pada daerah kaki. Di lanjutkan ke perut, dada, tangan, muka, dan diakhiri pada bagian punggung. Memijat bayi harus dengan lembut dan penuh perasaan. Setelah selesai mengurut bayi, di lanjutkan dengan pelajaran memandikan bayi.

Ibu Nur mengajarkan memandikan bayi... ucapan bismillah dan senandung cinta untuk si bayi tidak berhenti, rasa syukur dan doa anak solehah meluncur deras, memandikan bayi dengan air hangat, di akhiri dengan 3 x cipratan dari telapak tangan dengan air dingin di punggung dan leher bayi. Fungsinya agar otot punggung dan leher bayi menjadi kuat. 

Nah sekarang apakah Pijat bayi itu....?

Pijat adalah terapi sentuh tertua yang dikenal manusia dan yang paling popular. Melalui sentuhan pemijatan terhadap jaringan otot, peredaran darah dapat meningkat makin lancar, ataupun posisi otot bisa dipulihkan dan meningkatkan fungsi motorik, sangat baik bagi otot lengan serta kaki pada bayi sehingga dapat meningkatkan fungsi organ-organ tubuh dengan sebaik-baiknya.

Pijatan lembut pada tubuh bayi juga dapat bermanfaat untuk mengurangi masalah-masalah pada bayi yang menyebabkan para orang tua bingung  karena tangisan bayinya. Pijatan pada bayi  dapat memberikan pengalaman positif yang luar biasa antara bayi dengan orang tuanya.

Cara memiijat bayi (dilakukan dengan lembut) seperti mengelus :

1. KAKI.  
Pijat telapak kaki dari arah tumit ke jari kaki. Pijat jari kaki satu persatu. Pijat punggung kaki, mulai dari mata kaki sampai ke jari kaki.
2. BETIS &PAHA. 
Pijat betis bayi dengan kedua tangan, dari bawah ke atas. Putar dari dalam ke luar sambil bergerak naik menuju paha. Kembali ke betis dengan gerakan sama.
3. Perut Pijatan I Love U. 
Gunakan 2 atau 3 jari, yang membentuk huruf I-L-U dari arah bayi. Bila dari posisi kita membentuk huruf I – L – U terbalik. Berikut tahapan memijat: Urut kiri bayi dari bawah iga ke bawah (huruf I) Urut melintang dari kanan bayi ke kiri bayi, kemudian turun ke bawah (huruf L) Urut dari kanan bawah bayi, naik ke kanan atas bayi, melengkung membentuk U dan turun lagi ke kiri bayi. Semua gerakan berakhir di perut kiri bayi.
 4. DADA. 
Telapak tangan terbuka ke tengah dada bayi, lalu geser diagonal ke kanan atas, kemudian kembali ke tengah, ke kiri atas, kembali ke tengah. 
5. WAJAH. 
Pijat mulai dari tengah menuju samping kiri, kemudian tengah menuju samping kanan.
6. TANGAN. 
Pijat dari pangkal lengan, lalu turun ke tangan. Kemudian kembali memijat dari tangan ke pangkal lengan
7. Punggung. 
Tengkurapkan bayi melintang di depan anda dengan kepala di sebelah kiri & kaki di sebelah kanan anda.
- Pijatlah sepanjang punggung bayi dengan gerakan maju mundur menggunakan kedua telapak tangan, dari bawah leher sampai ke pantat bayi, lalu kembali lagi ke leher
-  Pegang pantat bayi dengan tangan kanan lalu  Dengan tangan kiri, pijatlah  mulai dari leher ke bawah sampai bertemu dengan tangan kanan yang menahan pantat bayi. Di tutup dengasn ucapan Alhamdulillah

Manfaat pijat bayi itu apa ya...?

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
2. Memperbaiki peredaran darah dan pernapasan
3. Merangsang fungsi pencernaan serta pembuangan
4. Meningkatkan kenaikan berat badan
5. Mengurangi stress dan ketegangan
6. Meningkatkan kesiagaan
7. Membuat tidur lelap
8. Mengurangi rasa sakit mengurangi kembung dan sakit perut
9. Meningkatkan hubungan batin antara orang tua dan bayi
10. Meningkatkan produksi air susu ibu.
Wah... cukup banyak ya...manfaatnya..

Kapan ya pijatan bayi di lakukan...?

Pemijatan dapat dilakukan pada bayi usia 0-12 bulan. Untuk bayi yang berusia di bawah 7 bulan, pemijatan dapat dilakukan setiap hari. Waktu pemijatannya sebaiknya dilakukan 2 kali sehari yaitu :
1. Pagi hari, pada saat orang tua dan anak siap untuk memulai hari baru
2. Malam hari, sebelum tidur. 

Nah ini sekilas info dari saya... dan jangan lupa Say no to vaccine... salaaam.... (sehatislamy)

Share this article :
 

Posting Komentar

Bagi yang berkomentar diharapkan mencantumkan Nama dan Email.

 
Sekretariat : Jl. Raya Bukit No. 38 Serua, Ciputat, Tangsel
Telp : 021-74639255 | © 2010-2012 | SehatIslamy
Template Created by Creating Website Published Powered by Blogger
Silahkan menyebarluaskan konten web ini dengan menyantumkan linknya