Kaitan Sariawan dan Sakit Maag (Serta Penjelasan Singkat Beberapa Penyebab Sariawan)

Pertanyaan : Selamat Sore Bapak / Ibu yang bertugas. Saya fenty umur 29 th. yang ingin saya tanyakan dari lajang saya mengalami sariawan terus sampai sekarang kata teman² saya diakibatkan saya punya penyakit magh di lambung.
(perempuan, 29 thn,160 cm,155 Kg)
Jawaban : Penyakit sariawan atau Stomatitis Aphtous Reccurent (SAR) adalah luka yang terbatas pada jaringan lunak rongga mulut. Istilah recurrent digunakan karena memang lesi ini biasanya hilang timbul. Penyebab dari sariawan ini belum dipastikan, tetapi ada faktor-faktor yang diduga kuat menjadi pemicu atau pencetusnya. Beberapa diantaranya adalah:

  • Trauma pada jaringan lunak mulut (selain gigi), misal tergigit, atau ada gigi yang posisinya di luar lengkung rahang yang normal sehingga menyebabkan jaringan lunak selalu tergesek/tergigit pada saat makan/mengunyah, penggunaan kawat gigi yang seringkali bergesekan dengan jaringan lunak mulut.
  • Kekurangan nutrisi, terutama vitamin B12, asam folat dan zat besi.
  • Stress.
  • Gangguan hormonal, seperti pada saat wanita akan memasuki masa menstruasi di mana terjadi perubahan hormonal sehingga lebih rentan terhadap iritasi.
  • Gangguan autoimun / kekebalan tubuh, pada beberapa kasus penderita memiliki respon imun yang abnormal terhadap jaringan mukosanya sendiri.
  • Penggunaan gigi tiruan yang tidak pas atau ada bagian dari gigi tiruan yang mengiritasi jaringan lunak.
  • Pada beberapa orang, sariawan dapat disebabkan karena hipersensitivitas terhadap rangsangan antigenik tertentu terutama makanan.

Ada juga teori yang menyebutkan bahwa penyebab utama dari SAR adalah keturunan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang orang tuanya menderita SAR lebih rentan untuk mengalami SAR juga.

Sedangkan sakit maag/ tukak lambung disebabkan karena adanya luka atau peradangan pada daerah lambung yang menimbulkan rasa sakit, mules, dan perih pada perut. Atas dasar itu, dapat disimpulkan tidak ada kaitannya antara sariawan dan sakit lambung.

Adapun herbal nabawi untuk mengobati sariawan cukup dengan mengoleskan madu ke permukaan kulit yang terserang sariawan, InsyaAllah langsung akan ada perubahan. Lakukan terus secara berulang setiap madu tidak lagi terasa di mulut, InsyaAllah sariawan cepat sembuh.

Semoga bermanfaat.

Catatan:
Pertanyaan dan jawaban dikutip dari klikdokter.com dengan penambahan resep herbal nabawi dari kami. [klikdokter/sehatislamy.com]
Share this article :
 

Posting Komentar

Bagi yang berkomentar diharapkan mencantumkan Nama dan Email.

 
Sekretariat : Jl. Raya Bukit No. 38 Serua, Ciputat, Tangsel
Telp : 021-74639255 | © 2010-2012 | SehatIslamy
Template Created by Creating Website Published Powered by Blogger
Silahkan menyebarluaskan konten web ini dengan menyantumkan linknya